Rabu, 19 Mei 2010

Mey Chan Tandem Baru Maia


Banyak Kenangan Pahit, Simpan Nama Ratu

JAKARTA - Maia tak lagi memakai nama Ratu di belakang namanya. Perempuan bernama asli Maya Estianty itu memilih nama Maia & Friends sebagai payung terbaru karirnya. Kemarin (10/1) ibu tiga anak tersebut merilis album barunya yang diberi judul sama dengan nama kelompoknya.

Lewat album itu pula, Maia memperkenalkan tandem barunya. Perempuan yang disebut-sebut Maia dikenal lewat situs pertemananan friendster itu bernama Mey Chan. Perempuan kelahiran Malang, 14 Mei 1986 tersebut terpilih setelah mengikuti dua kali audisi. "Mey tidak hanya bisa menyanyi, tapi juga piawai bermain musik. Tapi, usianya beda 10 tahun sama aku. Jadi, seperti kakak adik," cerita Maia saat jumpa pers di Venue Cafe kemarin.

Misi utama album Maia & Friends tersebut adalah memperkenalkan Mey Chan ke publik, bukan untuk memperkenalkan karya-karya terbaru Maia. Tak heran jika di antara 12 lagu yang ada, hanya terdapat dua lagu baru. Yaitu, Ingat Kamu dan EGP!!!.

Sisanya adalah lagu milik musisi lain yang tetap dibawakan penyanyi aslinya. Di antaranya Nakal (Gigi), Bersama Bintang (Drive), dan Wanita (Glenn Fredly). "Lagi pula kalau album full, rilisnya bisa lama, bisa-bisa tahun depan. Takutnya orang keburu lupa," jelas Maia.

Menurut dia, untuk sementara nama Ratu disimpan. Namun, Maia menegaskan bahwa tidak ada bedanya antara Ratu dan Maia. "Maia atau Ratu sama saja. Hanya pergantian nama. Contain-nya tetap sama, tetap duo, dan gayanya tidak jauh beda," paparnya.

Yang membedakan, lanjut Maia, hanya saat aksi di atas panggung. Ketika Maia masih membawa nama Ratu bersama Pinkan Mambo atau Mulan Kwok, formasinya adalah satu musisi dan satu penyanyi.

"Sekarang bisa bervariasi. Kami bisa eksplorasi karena Mey juga bisa bermain semua alat musik. Jadi, nanti bisa perpaduan musisi dengan musisi, musisi dengan penyanyi, atau penyanyi dengan penyanyi. Sebab, saya kan juga menyanyi," ulas Maia.

Alasan lain dari penyimpanan nama Ratu, menurut Maia, adalah menghapus luka lama. Dia mengatakan, banyak kenangan pahit ketika bendera Ratu masih berkibar. "Walau, manisnya juga luar biasa banyak," ujarnya.

Pada kover album Maia, tertulis ucapan terima kasih kepada Ahmad Dhani. Sejauh apa keterlibatan frontman Dewa 19 itu dalam penggarapan album Maia & Friends? "Mas Dhani membantu menguatkan dan membuat saya tegar. Mungkin dia juga mendoakan saya supaya berhasil dan saya berterima kasih kepadanya. Dia adalah guru dan suami saya sampai saat ini," kata perempuan yang tengah dalam proses cerai dengan pria yang sudah 11 tahun menjadi suaminya tersebut.

Untuk mendobrak penjualan lagu, klip video salah satu hit berjudul Ingat Kamu sudah dibuatkan dan telah tayang di beberapa stasiun TV. Maia dan Mey mengaku senang dengan klip itu karena dibintangi Nicholas Saputra. "Saya adalah salah seorang penggemar berat akting Nicholas Saputra. Ini hasil dari penantian panjang. Terima kasih dia mau membantu di klip lagu saya," ungkap Maia. "Aku juga penggemar berat," sahut Mey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar