Rabu, 19 Mei 2010

Sang Juara : MAIA Naik Satu Level



Pasca RATU, akhirnya MAIA menelurkan satu album penuh yang diberi tajuk "Sang Juara". Sebelumnya duo Maia Estianty dan MeyChan sempat merilis album kompilasi "Maia and Friends", dimana dua single yang mereka luncurkan meraup sukses besar.

Kedua nomor hits dalam kompilasi tersebut, "Ingat Kamu" dan "Emang Gue Pikirin!" alias EGP masuk pula dalam album "Sang Juara" ini. Mengenai kedua lagu itu, penulis merasa tak perlu membahas lebih lanjut. Pasalnya, "Ingat Kamu" yang centil dan manja, serta "EGP" dengan beat pop rock yang menghentak, sudah terbukti sukses dapat diterima pasar musik tanah air.

Dari total delapan lagu anyar, sebagian besar diwarnai nuansa upbeat. Sebut saja single pertama berjudul "Pengkhianat Cinta" yang berirama disco lengkap dengan loop dan synthesizer-nya. Selain terobosan tersebut, MAIA juga sangat pintar menarik perhatian dengan menampilkan Cinta Laura yang memang menjadi pembicaraan banyak kalangan.

Coba dengar pula "Yang Penting Happy", tembang yang dahulu dipopulerkan oleh Jamal Mirdad. MAIA membuat lagu ini sangat berbeda. Nuansa disco terdengar sangat kental dalam lagu ini, benar-benar aransemen daur ulang yang kreatif. Di tengah lagu, ada bagian dimana Maia menunjukkan kemampuannya nge-DJ (Disk Jockey). Porsi PASTO sebagai musisi pendamping pun dirasa pas sekali. Semua menyatu dengan indah.

Masih ingin bersenang-senang? Putar "Biasa Saja" yang nge-rock namun tetap masih asik untuk bergoyang, atau "Let's Get The Beat" dengan irama disco nan riang yang membuat roh lagu ini terasa muda. Tembang yang disebut terakhir tentu tak asing lagi, mengingat sudah lama wara-wiri di televisi sebagai jingle iklan salah satu produk otomotif.

Ada pula lagu wajib dengar yang merupakan salah satu jagoan album ini. "Sang Juara", lagu berjudul sama dengan album ini menampilkan lirik pembangkit semangat yang dengan apik diikuti beat yang menanjak mood-nya dan klimaks yang sempurna.

Sudah lelah dan ingin bermellow ria? Dengarkan saja "Mengemis Cinta" yang hadir dengan irama slowrock, atau "Penantian Rahasia" yang mendayu khas pop ballad dan sedikit diberi sentuhan konsep opera.

Jangan terlewat memutar "Serpihan Sesal" yang merupakan single kedua dari album ini. Ada yang berbeda dalam konsep tembang yang sangat mellow ini, Maia bernyanyi sedang MeyChan memainkan alat musik. Terdengar vokal ibu tiga anak itu mengalami peningkatan, kini suaranya lebih berbobot dan tak lagi 'miring'. Dari segi musik, sound-nya pun terasa tak berlebih. Perpaduan konsep orkestra dalam lagu ini sungguh sangat pas.

Album "Sang Juara" ini nampaknya ditancapkan sebagai pembuktian diri bahwa Maia mampu berdiri sendiri, tak hanya mengekor sang mantan suami. Ia menunjukkan keteguhan dan kekuatan dengan menampilkan kreativitas yang naik satu level dari karya-karyanya sebelum ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar