Sabtu, 08 Mei 2010

TTM Ratu Diganjar Double Platinum


Popularitas tembang Teman Tapi Mesra (TTM) yang dilantunkan duo Ratu seakan tak pernah lepas dari perhatian. Kali ini, grup yang beranggotakan Maia Ahmad dan Mulan Kwok ini berhasil menyabet penghargaan double platinum dari Sony BMG untuk album Ratu & Friends -- di dalamnya termaktub tembang TTM tadi.

Pihak label mengganjar penghargaan tersebut karena album Ratu & Friends ini sejak kali pertama dirilis pada Agustus 2005 telah membukukan angka penjualan hingga 400 ribu keping. ''Ini sungguh penghargaan yang menyenangkan buat kami,'' kata Maia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/6), usai menerima penghargaan.

Selain menyerahkan penghargaan double platinum, grup duo Ratu ini secara resmi merilis pula album terbarunya yang diberi judul NO. Satu. Dalam album terbaru ini, Ratu kembali berupaya memopulerkan idioms melalui judul lagunya Lelaki Buaya Darat (LBD). Maia dan Mulan memiliki harapan yang sama agar album ini bisa mengikuti pula jejak album Ratu & Friends yang telah diganjar double platinum. ''Doa dan harapan kami ya sama semoga album ini bisa diterima masyarakat,'' ujar Maia.

Di dalam album NO. Satu ini, Ratu mengemas 11 lagu. Di antara sebelas lagu itu, ternyata Ratu masih belum bisa lepas dari ketergantungannya terhadap popularitas tembang TTM yang ditampilkan dua kali, satu di antaranya dikemas secara akustik.

Namun, secara keseluruhan dari 11 lagu yang ada di album terbaru Ratu ini, umumnya sangat kental dengan nuansa nge-pop yang dibalut dengan aransemen musik rock. Nuansa genre ini tentu saja membuat Ratu sedikit mengalami evolusi. Soalnya, sejak album perdana Ratu dirilis pada Januari 2003, grup ini kerap dengan pop bernuansa R&B.

Maia merasa bahwa karakter rock elektronik dengan dominasi gitar sound lebih pas dengan formasi Ratu sekarang yang dihuni oleh Mulan Kwok. Sehingga tidak mengherankan jika di beberapa lagu seperti Seribu Cinta, Lelaki Yang Kumau (Jazz Up Your Life), No. Satu, lebih banyak digeber dalam up beat tempo dengan isian sequencer dan sound keyboard.

Saat ditanya perihal pemilihan nama album No. Satu, Maia menjelaskan bahwa semuanya terjadi secara kebetulan saja. Maia mengaku awalnya pihaknya ingin memberikan judul Ratu Sejagad. ''Tapi lagu yang dipopulerkan oleh Voni Sumblang itu ternyata pernah meraih penghargaan piringan hitam, jadi terpaksa kami ubah menjadi No. Satu,'' tuturnya.

Dalam penggarapan proyek album baru ini, duo yang suka tampil centil di atas panggung itu dibantu oleh pentolan Ahmad Dhani. Suami dari Maia ini menyumbangkan tiga buah lagu. Selain Dhani masih terlibat lagi drummer Padi, Yoyok; Denny Chasmala, Tepi Item, dan Bintang. Maia juga menandaskan Ratu tidak akan pernah meninggalkan gaya mereka yang khas di atas panggung. ''Bagaimanapun gaya kami yang centil itu sudah menjadi identitas buat kami,'' seoloroh Maia. Namun Mulan yang lebih sedikit mengumbar kata-kata langsung mengingatkan,''Tapi gaya centil itu cuma di atas panggung saja. Di luar tidak lah yaw,'' cetusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar