Selasa, 26 Oktober 2010

Konser Duo Maia Rusuh, 36 Pingsan


Konser musik yang menampilkan duo Maia dan Mey Chan di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 5/4-2008 malam, rusuh dan memakan korban. Setidaknya 36 orang pingsan karena kehabisan napas saat berdesak - desakan.

Maia dan Mey Chan tampil dalam acara bertajuk Panggung Pesta Rakyat yang digelar untuk meperingati HUT Kota Malang ke-94 di area terbuka Alun-alun Tugu, Malang. Selain Maia, bintang tamu lainnya adalah kelompok Yovie & Nuno.

Salah satu penonton yang pingsan adalah Ny Desi, warga kawasan Tebo, Kota Malang. Ia pingsan karena kelelahan, kemudian terdesak oleh penonton lainnya.

"Mama pingsan sekitar pukul 21.00. Mama sangat mengagumi Maia dan Mey Chan, makanya minta diantar menonton konser ini," kata Albert, anak lelaki Ny Desi, yang setia menunggu mamanya di dekat ambulans yang di parkir di dekat balai kota.

Albert terus mengipasi mamanya dengan karton sambil membawa minuman mineral. Ny Desi sendiri masih terlihat lelah di tempat tidur yang disediakan petugas medis.

Keduanya menonton di dekat kantor DPRD Kota Malang. Albert tidak menduga, penontonnya berjubel dan semua ingin mendekat pagar alun-alun yang dijaga ketat petugas kepolisian.

Sugeng Prayitno, Kepala Markas PMI Kabupaten Malang yang juga penanggungjawab medis mengatakan, selama pukul 19.00-22.00, sudah ada 36 penonton yang pingsan.

"Rata-rata mereka terdesak penonton lainnya. Alasannya ada yang belum makan, kelelahan, dan lainnya," terang Sugeng di sela-sela acara.

Kebanyakan penonton yang pingsan adalah perempuan. Menurut Sugeng, untuk pertunjukan di area terbuka, jumlah penonton pingsan mencapai 36 orang sangatlah tinggi. "Saya juga tidak menduga," katanya.

Mereka pingsan antara 3 hingga 5 menit, kemudian pulih setelah dibantu pernapasan oksigen dan diberi minyak kayu putih. Dari pantauan Warta Kota, puluhan ribu penonton memadati area pertunjukan sejak pukul 19.00. Mereka datang berbondong-bondong bersama keluarga dan teman.

Supaya bisa menonton musik dengan enak, mereka tak segan naik panggung, naik atap WC umum hingga ke atas pintu masuk SMAN 1. Mereka nekat, yang penting bisa melihat penampilan Maia dan Mey Chan.

Adanya giant screen (layar lebar) di beberapa titik, tampaknya tidak memuaskan mereka. Padahal artis utamanya sendiri, yakni Yovie & Nuno baru manggung pukul 21.05. Mereka menembangkan beberapa lagu seperti Adam Hawa, Menjaga Hati, Juwita dan lainnya.

Di tengah acara, Maia dan Mey Chan sempat tampil kwartet dengan dua vokalis Yovie & Nuno untuk melantunkan lagu Janji Di Atas Ingkar yang populer dibawakan Audi. Maia dan Mey Chan baru tampil penuh dan menggebrak panggung terbuka itu pukul 22.00 dengan lagu Di Dadaku Ada Kamu, Aku Baik-Baik Saja, Ingat Kamu, TTM, EGP (Emang Gue Pikirin) dan lainnya.

Duo Maia dan Mey Chan rajin menyapa penonton yang sudah terlalu lama menunggu penampilan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar